Tuesday, January 8, 2008

Kabuuuuurrr

WNI, TKW Bandung: Baba dan anak sama saja - ma fi quais..

Namanya tidak mau diketahui publik. Inisialnya WN, dari Bandung. TKW ini kabur ke Sekolah Indonesia Riyadh hari Rabu, 2 Januari 2007 dengan selamat. Bekerja selama 5 bulan, dan tidak tahu nama majikannya. Adapun PT penyalur di Jakarta adalah PT AMRI. Berikut adalah petikan wawancara redaksi dengan WN:

Kenapa kabur, Mbak?
Ya saya lari aja dari rumah majikan daripada saya mau diperkosa sama majikan, belum makan 1 hari cuma 1 kali. belum kalau makan malam beli sendiri.

Belinya dimana, kan perempuan susah keluar?
enggak, kan itu anaknya suka beli, suka dipinta uang itu sama dia. Katanya kalau mau maka, sini uang kamu, beli. Pakaian beli sendiri, kebutuhan saya beli sendiri

Terus makanan tiap malam habis berapa riyal?
mungkin 20 riyal.... 18 riyal gitu saya beli apa namanya itu sendosa [sambusa].

Duit itu dari mana?
Dua bulan itu gaji dipegang sama saya, saya e... bohonglah sama majikan kalo saya nggak punya uang. kalo nggak bohong sama majikan mah saya gak bisa makan. saya bohong sama majikan bahwa uang saya sudah dikirim ke indonesia. Melalui siapa katanya? terus saya ngomong melalui sopir gitu. Saya punya gaji 3 bulan itu dipegang sama dia, saya minta semua mau dikirim ke Indo nggak boleh. Coma dikasih satu ribu, dan yang ada di majikan sekarang 700 mungkin sama HP saya dipegang majikan.

Apa orangtuanya tidak tahu kalo anak-anaknya nariki duit untuk makan?
Ada saya kalau ada uang riyalan itu suka saya kasih 20 riyal, enggak kembali...

Kerja di sana dari jam berapa sampai jam berapa?
Wah, dari pagi sampai malam saya kerja enggak berhenti-berhenti...

Majikan laki-laki gimana? udah tua? atau...
udah tua, iya udah tua... tapi suka main-main... sampai ...wah... gak baik itu mah... sampai megang teteh [maaf, payudara] saya... Sampai kalau dia pulang dari kantor suka manggil saya, saya turun, di tangga saya harus megang tangannya, sampai tangannya dia... ah.... saya nolak, saya bilang haram Baba... dia bilang ngga... ngga haram katanya...

Majikan perempuan nggak ngerti kalo majikan laki-laki begitu?
Enggak.. bukannya enggak ngerti tapi enggak percaya kalo dilapori

Majikan perempuan gimana, galak?
Galak sih enggak, bawel lah... mana nyuruhnya pake kaki... kalau nyuruh itu belum beres we...we .wee... minta ampun.

Berapa anaknya?
anaknya ada 4, yang 1 sekolah di belanda, apalagi itu ah... saya.... itu yang paling dewasa yang sekolah di belanda... ini adiknya agak kecilan sedikit... ini saya bawa fotonya...

O... ini yang mau memperkosa? (sambil melihat foto anak laki2 berpakaian ala saudi, dengan usia sekitar SMP (15 tahunan).
kemarin juga waktu majikan saya nggak ada, pergi semua sama anak perempuannya, sama si baba, dia datang sama anaknya si Baba, si Baba istrinya dua... Datang si anak itu dan dia sama saya ma fi quais (enggak baik). Saya sedang nyuci gelas, dia bilang siapa nama kamu? kamu mau... wa... dug-dug (red: bersetubuh)... Masih anak kan (sambil memperlihatkan fotonya). Ini majikan perempuan... ini majikan laki-laki... (sambil menunjukkan foto anak, baba, dan majikan perempuan).


keterangan foto: anak dan bapak setali tiga uang kelakuannya. Duh!

Masih kecil kaya gitu mau memperkosa...
Iya, ... sampai anunya [maaf, kemaluannya] dia sampai ke muka saya... saya gini aja (menutup muka dengan tangan). Katanya.. lihat lihat... saya suruh megang... saya lari aja.
Yang satu kali itu di kamarnya, saya dipanggilin sama dia.. Kesini kamu... mau apa.. ini setrikakan baju saya... Ya saya masuk ambil.. e.. saya mau ambil malah saya di..... Tapi saya bisa menghindar. Awas kamu jangan gitu, saya ini pembantu.. haram... punya suami... katanya nggak apa-apa... suami kamu ada di Indonesia. Sekarang kamu punya saya... Awas kamu ya saya bilangin sama mama kamu... Saya udah nggak kuat itu lah ngomong sama majikan perempuan tapi nggak percaya...

Habis ini mau pulang ke indonesia?
Mau pulang dulu aja

Mau kembali ke sini?
Enggak insya Alloh enggak...


 
My personal webhttp://pujakesula.blogspot.com  or  http://endyenblogs.multiply.com/journal 


Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.

No comments: