Friday, June 6, 2008

Liga Dunia Islam Prakarsai Dialog Antar-Mazhab

Sabtu, 07 Juni 2008
Liga Dunia Islam (Rabithah al-'Alam al-Islami) memprakarsai dialog antar mazhab Islam.  Pertemuan yang dihadiri 500 pemuka Islam digelar di Mekah

Hidayatullah.com—Pertemuan digelar di jantung kota suci ummat Islam, Mekah.  Konferensi yang diselenggarakan atas prakarsa Liga Dunia Islam (Rabithah al-'Alam al-Islami) itu berlangsung Rabu hingga Jumat (6/6) kemarin. Pertemuan dihadiri oleh sekitar 500 pemuka agama dan cendekiawan Muslim dari 50 negara Muslim di seluruh dunia. Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi termasuk yang ikut hadir.

Saat membuka konferensi, Raja Abdullah menyerukan kembali ajakan untuk menggelar dialog antarmazhab Islam dan antaragama untuk menghadapi tantangan ekstremisme.

"Anda semua berkumpul di sini untuk mengatakan kepada dunia bahwa kita (umat Islam) adalah suara keadilan dan kemanusiaan. Kita semua adalah suara kerukunan dan dialog yang rasional," kata Raja Abdullah.

Saat ini, ujar Abdullah, umat Muslim menghadapi tantangan besar yang berasal dari gerakan ekstremisme yang dilakukan sejumlah orang Muslim sendiri.

"Tantangan yang dihadapi bangsa-bangsa Islam saat ini sangat sulit karena musuh-musuh, termasuk ekstremis dari kalangan Muslim sendiri, telah bersatu menghancurkan kebenaran dan toleransi Islam," katanya.

Grand Syeikh Al-Azhar Muhammad Sayyid Thanthawi yang juga ikut hadir dalam konfrensi terebut menegaskan agar konferensi internasional itu dapat mencapai hasil untuk kemaslahatan umat Muslim di seluruh dunia.

Dengan diselenggarakannya konfrensi ini, umat Muslim berharap bahwa dialog antara madzhab, budaya, dan kelompok kepercayaan lain dapat menciptakan perdamaian dan keharmonisan dunia. [spa/atj/www.hidayatullah.com]

 
Kelompok ekstrimis itu siap ya akhi yang dimaksud si raja abdullah???
kelompok itu menghancurkan kebenaran dan toleransi islam yang bagaimana ya akhi??
 

No comments: