Friday, April 4, 2008

Copy - Paste

Budaya Copy-Paste...

By Cecep Wijaya Sari

Lo yang ngerasa biasa dengan istilah copy-paste ga usah tersinggung. Santai aja coy! Coz lo ga sendiri. Gw juga, he.. dan orang indonesia pada umumnya. Emang udah budaya kali ya, yang namanya copy-paste sangat familiar di dunia kampus dimana mahasiswa biasa pake fasilitas ini buat bikin tugas-tugasnya biar cepet beres. Ga perlu puter2 otak tapi hasilnya berbobot. Tu dia yang dicari!

Keliatan simpel memang, tapi justru itu masalahnya. Hal sesimpel ini kalo dibiarin bisa bikin urusan jadi panjang. Tambahin deh, lebar sama tinggi. Liat aja film ekskul yang 'mengguncang' perfilman indonesia karena ceritanya yang beda dan fenomenal. Ternyata eh ternyata, hasil copy paste juga. ditambah lagi lagu SMS yang bikin trio macan bener2 jadi macan dunia hiburan. Ternyata itu juga produk copy paste dari symphony no 9 punyanya Bethoven (ini kata pencipta lagu SMS yang nuntut pembagian royalty). Belum lagi maraknya pembajakan VCD dari yang berbau surga sampe neraka. Semua ga terlepas dari budaya copy paste.

Kalo dicermati, copy paste itu bisa aja disamain kaya nyolong. Iya, nyolong karya orang lain tanpa izin. Orang dia cape cape bikin ko lo ikut-ikutan tenar. Kreatif dikit donk! Tapi menurut gw, kebiasaan ini masih bisa diterima di Negara ini. sebenarnya, Ini juga ga lepas dari peran pemerintah. Lho, gimana ceritanya? Ya iya lah… gimana orang-orang bisa kreatif kalo fasilitas yang ada serba mahal. Mau akses internet aja harus ngebelain ga tidur biar murah. Ongkos sekolah apalagi kuliah sekarang bener-bener selangit. Belum lagi biaya hidupnya. Biaya kost, tagihan listrik, makan, dan tetek bengek lainnya. Sekarang aja udah segini mahalnya, apalagi entar kalo gw punya anak yang mesti di sekolahin lebih tinggi dari gw. gimana jadinya ntar? Bener-bener 75 + 25 …. Cepe' deh!!!

So mau gw dan mungkin semua orang mau adalah: pendidikan gratis, kesehatan gratis, makan gratis, semua yang penting-penting gratis!! Mimpi lo… bangun woi!! Lho, siapa bilang ga mungkin? Kalo sistem Negara kaya gini (baca: demokrasi bin kapitalisme) emang ga mungkin bin mustahil. Tapi percaya ga percaya lo harus percaya, semua itu mungkin kalo khilafah (Negara dengan sistem Islam) bener-bener ditegakkan. Fakta membuktikan coy. Selama 13 abad di bawah naungan Islam, dunia hidup sejahtera baik muslim maupun non muslim. Semua kebutuhan pokok manusia dipenuhi Negara. Gimana ga enak coba? Dampaknya bukan bikin orang jadi males bekerja, tapi justru malah bikin mereka semakin kreatif coz ada penghargaan lebih buat mereka yang kreatif. Liat aja karya-karya imam syafii dkk yang melahirkan madzhab fiqih termasyhur di dunia. Ibnu sina yang menghasilkan kode-kode ilmu kedokteran yang menjadi acuan seluruh dunia. Al farabi, bapak ilmu fisika. Al khawarizmi, bapak ilmu matematika, dll. Semua karya mereka tiap lembarnya dihitung dengan imbalan satu gram emas. Wuih… LUAR BIASA!!! In conclusion, kalo saja hal ini diperhitungkan, maka budaya copy paste akan menjadi sampah yang busuk karena dapat membunuh kreatifitas manusia. Sebaliknya, manusia akan lebih kreatif dan kreatif lagi mengembangkan segala ilmu pengetahuan. So, kayanya gw yang juga pelaku copy-paste mesti banyak-banyak tobat neh!


 
My personal webhttp://pujakesula.blogspot.com  or  http://endyenblogs.multiply.com/journal 


You rock. That's why Blockbuster's offering you one month of Blockbuster Total Access, No Cost.

No comments: