Monday, March 9, 2009

Maulid Nabi Muhammad SAW Di Rusia

Ribuan umat Muslim di ibu kota Moskwa memperingati dan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di mesjid agung Moskwa.


hidayatullah.com--Jutaan umat Muslim Rusia di berbagai pelosok negerinya Muslim Rusia Merayakan Maulid Nabimemperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan meriah. Perayaan Maulid Nabi oleh umat Muslim di negeri beruang merah itu rupanya telah menjadi tradisi yang turun temurun.

Kantor berita Rusia al-Yaum (9/3) mengabarkan, ribuan umat Muslim di ibu kota Moskwa memperingati dan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di mesjid agung Moskwa.

"Ribuan umat Muslim datang beramai-ramai ke mesjid agung Moskwa untuk menghadiri acara rutin tahunan ini," demikian dikatakan wartawan RY, Asyraf Abdullah dari tempat kejadian.

Acara peringatan Maulid Nabi di mesjid agung Moskwa sendiri dimulai sejak Ahad sore kemarin. Rangkaian acara tersebut berupa shalat isya berjamaah, pembacaan shalawat Nabi, serta khutbah dan ceramah keagamaan.

Ulama Muslim terkemuka Syaikh Dr. Yusuf al-Qardhawi, menyatakan jika memperingati maulid Nabi adalah dianjurkan (mustahabbah) hukumnya. Dengan maulid Nabi, umat Muslim dapat mengingat junjungan Nabi mereka Muhammad SAW, mengambil berbagai macam teladan, semangat, dan juga mengingatkan kembali akan sirah nabawiyyah. Pendapat serupa juga diamini oleh Grand Syaikh Al-Azhar Syaikh Thanthawi, Mufti Agung Mesir Syaikh Ali Jum'ah, ulama terkemuka Suriah Syaikh Wahbah Zuhaili, dan lain-lain.

Meski demikian, sebagian kelompok ulama dari kalangan Wahhabiyyah Salafiyyah di Saudi Arabia banyak yang menganggap peringatan Maulid Nabi adalah bid'ah dan sesat, meskipun di satu sisi yang lain, mereka justru membolehkan peringatan ulang tahun Raja Saudi Arabia, raja mereka, yang digelar dengan sangat mewah dan jauh dari unsur keagamaan. (atj/rt/alm/ www.hidayatullah.com)

sumber : Hidayatullah

--
Your Best Regard
www.komarudin.co.cc

No comments: